Friday, July 21, 2017

Beberapa Cara Membuat Anak Cerdas Mulai dari Balita

Beberapa Cara Membuat Anak Cerdas Mulai dari Balita
Cara Membuat Anak Cerdas sebenarnya terdiri dari banyak sekali faktor, tak hanya melalui bangku sekolah, tetapi sebelum itu pun sebenarnya sudah terdapat berbagai langkah yang mungkin bisa diterapkan oleh orang tua.

Nah, kali ini penulis akan memberikan beberapa Cara Membuat Anak Cerdas yang bisa anda terapkan untuk mencetak anak yang membanggakan.

  • ASI

ASI atau air susu ibu memang sudah terbukti secara ilmiah bahwa ASI banyak mengandung gizi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan juga kecerdasan otak bayi atau istilahnya intelegensi. Jadi untuk ibu yang sedang menyusui sangat dianjurkan untuk lebih memilih ASI daripada susu formula.

  • Biasakan berkomunikasi dengan bayi

Untuk para orang tua khususnya Ibu, berusahalah untuk mengajak bayi anda berbicara sesering mungkin. Menurut Dr. Jean Ashton berbicara dengan bayi tidak selalu dengan memberikan pujian atau melucu. 

Saat anda bicara, bayi akan menjadi pendengar yang baik meskipun mereka tidak bisa menjawab dengan kata-kata, namun mereka bisa merespon dengan menggunakan ekspresinya. Respon ini harus diperhatikan dan dihargai oleh orang tua sebagai bentuk awal bayi untuk belajar berkomunikasi dengan lingkungannya disekitarnya. Anda juga bisa mengajak komunikasi bayi dengan memanggil namanya atau bertanya tentang sesuatu.

  • Bacakan cerita di depan anak

Dr.Rosmarie Truglio mengatakan bahwa membaca dapat membuat anak mencintai buku, menambah pembendaharaan dan kemampuannya dalam kosa kata serta mengembangkan keterampilannya dalam berbahasa. Jadi terlalu dini untuk membacakan cerita bagi anak bukan menjadi sebuah alasan. Saat ini sudah banyak buku - buku dengan warna dan gambar yang cukup menarik untuk dibacakan didepan anak.

  • Cobalah untuk ikut bermain

Berusahalah untuk ikut terlibat saat anak sedang bermain dan mengajarkan cara bermain yang berpotensi mendidik atau dapat meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini bertujuan untuk dapat meningkatkan potensi social anak agar semakin berkembang, dapat mengenali kemampuannya, bakat minatnya dan juga kebutuhan emosionalnya.

Nah, demikianlah beberapa Cara Membuat Anak Cerdas. Selamat mencoba


EmoticonEmoticon