Saturday, July 22, 2017

3 Hal Berikut Untuk Mengatasi Kenakalan Anak

3 Hal Berikut Untuk Mengatasi Kenakalan Anak

Pada dasarnya tidak ada anak yang nakal. Yang ada adalah anak yang dicap nakal oleh lingkungannya karena perilaku yang ia tunjukkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Sebelum Anda mencap seorang anak nakal alangkah baiknya Anda menelusuri terlebih dahulu latar belakang keluarganya, cara mendidik anak yang dilakukan oleh orang tuanya hingga lingkungannya. Sehingga Anda akan menemukan sedikit gambaran mengapa anak tersebut barulah dan pada akhirnya dicap menjadi anak nakal.

Menghadapi anak yang di cap nakal memang memerlukan trik dan tips sendiri. Anak seperti ini berbeda dengan anak pada umumnya. Karena biasanya anak yang telah di cap nakal memiliki rasa kebangaan diri yang kurang. Sehingga cara mendidik anak atau menghadapi anak yang dicap nakal harus ekstra sabar dengan cara tersendiri. Berikut adalah beberapa diantaranya :

Lakukan Kontak Mata dan Hadapi dengan Lembut
Untuk menghadapi anak yang dicap nakal terkadang Anda tidak dapat menggunakan tidakan yang keras. Bentakan, marahan ataupun tidakan lain yang bersifat keras umumnya akan diabaikan oleh anak yang telah dicap nakal karena ia telah sering menghadapi perlakukan tersebut dalam kesehariannya. Sehingga memperlakukannya dengan lembut, baik dan terautama melakukan kontak mata saat berbicara akan menarik perhatiannya. Dan membuah anak tersebut respek dan memperhatikan Anda.

Konsisten dengan Sanksi dan Reward
Meskipun diperlakukan dengan lembut. Namun dalam menghadir anak yang telah dicap nakal perlu ketegasan. Sehingga sepakati sanksi yang akan diberikan ketika ia melakukan kesalahan. Selain dari itu hargai ketika ia melakukan kebaikan sehingga ia akan dapat membedakan mana yang baik dan buruk. Lakukanlah hal tersebut dengan konsisten.

Hindari Mengungkit Kesalahan Anak
Anak yang telah dicap nakal pastinya pernah melakukan kesalahan. Dan ketika ia mulai menunjukkan perkembangan ke arah yang positif, sebisa mungkin menghindari untuk mengungkit kesalahan yang pernah ia perbuat. Agar ia tidak merasa perubahan yang ia lakukan adalah hal yang percuma dan sia-sia.

Dengan melakukan beberapa cara tersebut di atas diharapkan Anda dapat mengatasi anak yang telah dicap sebagai anak nakal. Untuk mendapatkan informasi lain mengenai cara mendidik anak lainnya Anda dapat bergabung dengan komunitas Dancow.


EmoticonEmoticon