Thursday, March 2, 2017

Cara Membersihkan Botol Bayi Agar Tetap Steril

Cara Membersihkan Botol Bayi Agar Tetap Steril
Botol susu sangatlah penting sekali untuk selalu berada di dalam kondisi yang steril. Jika kita tidak membersihkannya dengan benar, bisa menjadi sebagai sarang bakteri dan juga dapat membahayakan untuk kesehatan anak.

Cara merawat botol susu bayi yang baik adalah sebagai berikut. Janganlah pernah kita untuk selalu menggunakan sabun colek untuk mencuci botol susu bayi dikarenakan sabun colek dan juga deterjen mengandung zat yang sangat berbahaya untuk kesehatan bayi. Sebaiknya kita harus menggunakan sabun yang khusus untuk peralatan bayi yang tentunya kini sudah banyak seklai beredar di pasaran.

Kita tidak boleh tergiur dengan harga yang murah, sebab yang terpenting adalah botol susu bayi kita steril. Meskipun ada sabun pencuci yang harganya murah, namun jika dari sisi kemanannya buruk lebih baik kita tidak menggunakan sabun tersebut. Alangkah baiknya kita menggunakan sunlight yang tentu saja dapat menstreilkan botol susu bayo.

Setelah kita membersihkan dengan menggunakan sabun yang cair, maka kita harus membilasnya dengan menggunakan air yang mengalir. Air yang mengalir akan lebih baik dikarenakan akan lebih bersih jika dibandingkan dengan air yang ditampung. Kita harus meyakinkan bahwa tidak ada sisa sabun yang masih menempel pada botol susu bayi.

Cara membersihkan botol susu bayi yang paling mudah adalah dengan cara menghangatkan di dalam air yang sedang direbus. Isilah panci dnegan menggunakan air sampai mendidik, kemudian setelah itu kecilkanlah api kompor. Kemudian masukanlah semua botol dan tutuplan panci tersebut supaya uap bisa tetap terjaga. Biarkanlah mendidih dan setelah itu matikanlah kompor.

Diamkanlah kurang lebih selama 20 menit. Mengeringkan botol dengan cara didiamkan dan juga kering secara lami merupakan cara yang paling baik. Namun, jika kita membutuhkan botol tersebut, maka pastikanlah kain atau pun tisu yang akan kita gunakan untuk dapat mengelap pada keadaan yang steril dan juga tidak berbahaya untuk kesehatan bayi.

Untuk para ibu, disarankan untuk selalu mensterilkan botol susu bayi satu hari dua kali. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mempunyai botol bayi lebih dari satu untuk cadangan.

Jika kita ingin cara yang lebih mudah, pada saat ini sudah banyak sekali peralatan untuk dapat mensterilkan botol susu bayi dengan menggunakan pemanas listri, namun tentunya peralatan seperti ini harganya sangat mahal dan lebih baik kita menggunakan cara yang alami supaya lebih terkontrol.


EmoticonEmoticon