Friday, November 25, 2016

Mengenal Bagian – Bagian Scaffolding Dan Fungsinya

Mengenal Bagian – Bagian scaffolding dan Fungsinya
Anda yang sudah mengetahui tentang pengertian scaffolding karena sudah banyak artikel yang menjelaskan pengertian dari scaffolding, tentu ingin lebih mengenal lagi bagian – bagian scaffolding berikut fungsinya. Bagian scaffolding berkualitas dan menyeluruh, tentu dimiliki oleh banyak perusahaan sewa scaffolding Jakarta dan di kota lainnya, di mana bagian scaffolding yang pertama adalah baseplate yang memiliki fungsi sebagai tempat dudukan perancah untuk mengantisipasi area dudukan yang tidak stabil. 

Soleplate bagian kedua yang berfungsi sebagai bagian perancah yang lansung bersentuhan dengan tanah untuk memastikan kekuatan pijakan scaffolding atau perancah. Bagian lainnya yaitu clamp adalah perangkat dari metal atau alat komponen yang digunakan untuk menyambung pipa, mengeratkan sambungan pipa atau mengunci antar pipa. 

Selain bagian – bagian di atas, terdapat bagian lainnya di antaranya join pin yang merupakan bagian untuk menghubungkan atau menyambungkan pipa dan juga frame. Sementara bagian standard merupakan bagian utama perancah dalam jalur vertical, di mana standard berbentuk pipa scaffold tegak membagi seluruh beban ke tanah, serta dengan pemasangan harus dilakukan dengan benar. Bagian berikutnya adalah ledger yang membentuk sudut 90 derajat dengan standard, di mana ledger ini lebih panjang daripada transom. 

Transom sendiri adalah bagian horizontal perancah yang mengikat standard dan trasom secara horizontal, sedangkan bagian scaffolding yang disebut dengan nama foot tie adalah bagian bawah yang berfungsi untuk menjadi angkur di struktur yang lebih kuat. Bagian lainnya yaitu brace berfungsi untuk mengikat standard – standard yang ada agar lebih kuat dan beban terdistribusi secara merata, dan bagian lainnya yakni transverse brace adalah brace yang dipasang bersisian dengan transom. 
 
Bagian lainnya dari scaffolding adalah Tie berfungsi untuk menjadi angkut di struktur yang lebih kuat, working platform berfungsi untuk pijakan kaki para pekerja, sementara bagian guardrail memiliki fungsi menjadi penahan tubuh pekerja dan sebagai titik angkur body harness. Tiga bagian lainnya dari scaffolding yaitu handrail berfungsi sebagai pengaman samping agar pekerja tidak terjatuh, toe boards berfungsi untuk menahan kaki pekerja agar tidak terperosok jatuh, dan yang terakhir putlog berfungsi untuk memperkuat working platform agar tidak patah. 

Demikianlah bagian – bagian scaffolding dan fungsinya, bagi anda yang ingin mengetahui lebih lengkap mengenai perancah ini atau yang sedang mencari perusahaan sewa scaffolding Jakarta, dapat mengunjungi Reycom Cipta Semesta.

1 comments so far

Alpha Scaffold Design has been providing scaffold engineers in London to design scaffold for any of construction or renovation Call for free consultations 7896979966
Scaffolding Engineer London


EmoticonEmoticon