Wednesday, November 23, 2016

Anak Adalah Peniru Yang Ulung


Ada banyak faktor yang dapat membentuk pribadi sert ahlak seorang anak, salah satunya adalah dari keteladanan dari orang tua. Setiap orang tua harus menyadari bahwa tingkah laku anak adalah cerminan dari pendidikan atau teladan yang ditanamkan orang tua terhadap anaknya. Untuk itu, tahap perkembangan anak harus lah di tuntun dengan baik khususnya pada umur anak di usia 1 tahun, karena pada umur ini anak selalu meniru apa yang orang lain berkata, karena anak merupakan peniru yang ulung.
Mereka akan melihat, menyerap dan meniru segala hal yang berada di sekitar mereka terlebih apa yang telah dilakukan orang tuanya. Apabila dalam keseharian orang tua selalu bersikap santun dalam bertutur kata yang baik dan lembut, maka anak akan terbiasa melakukan hal yang sama. Apabila orang tua yang senantiasa taat beribadah dan beramal sholeh, diantaranya dengan melaksanakan ibadah sholat, membaca alquran, bersedekah maka hal ini akan menjadi sebuah contoh untuk anak. Dan apabila dalam keseharian orang tua bersikap kasar, berkata kotor, tidak melakukan ibadah dan beramal sholeh maka kemungkinan besar akhlak anak akan mengikuti atau yang telah dicontohkan orang tuanya. Karena tahap perkembangan anak harus tetap di jaga dengan baik dari akhlak dari orang tua. Keteladanan yang telah diberikan orang tua memiliki pengaruh besar bagi tahap perkembangan anak yang besar dalam membentuk dan mengembangkan akhlak seorang anak. Sudah menjadi salah satu kewajiban bagi setiap orang tua dalam memberikan contoh yang baik bagi anak-anak. Dengan harapan mampu membentuk pribadi anak menjadi manusia yang berguna di masa yang akan datang, dan memiliki pribadi yang berakhlak.

Untuk itu, dalam membimbing anak haruslah benar-benar dengan baik. Karena anak merupakan peniru yang ulung yang dapat melakukan segala sesuatu yang telah dilakukan oleh orang tuanya. Khususnya bagi anak yang sedang berkembang baik itu secara emosional, motorik dan perkembangan lainnya, orang tua harus menjadi panutan yang baik dalam membimbing anak.