Monday, November 14, 2016

Berbagai Makanan Yang Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

Berbagai Makanan Yang Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil
Ketika anda mengetahui anda sedang hamil, tentu rasanya anda akan merasa bahagia karena tidak lama lagi anda akan mempunyai seorang anak. Rasa bahagia tersebut tentunya harus di iringi rasa syukur yaitu dengan cara menjaga janin yang ada dalam kandungan anda tetap sehat. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan pada janin salah satunya adalah dalam hal makanan. Makanan yang anda konsumsi tentu akan berdampak langsung pada janin dalam kandungan, dengan demikian anda harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan yang anda makan. Sebaiknya pilihlah sumber makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk ibu hamil maupun untuk janin agar masa kehamilan tidak terganggu. Berikut beberapa nutrisi untuk ibu hamil yang sangat penting untuk dikonsumsi, diantaranya:
  • Asam folat
Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang sangat diperlukan oleh ibu hamil, agar janin yang ada pada kandungan tetap sehat. Kekurangan asam folat dapat berakibat fatal bagi janin karena dapat menyebabkan bayi mengalami kecacatan yaitu cacat otak dan cacat saraf tulang belakang. Untuk mendapatkan kebaikan dari asam folat, anda bisa mengkonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, kacang-kacangan, kedelai dan hati. Anda juga bisa menambah asam folat dari suplemen atau vitamin agar kebutuhan asam folat benar-benar tercukupi, namun sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter,
  • Kalsium
Kalsium sangat bermanfaat sekali untuk ibu hamil maupun janin yang ada dalam kandungan. Untuk janin, kalsium berperan penting dalam pertumbuhan serta perkembangan tulang dan gigi, perkembangan sistem saraf janin serta perkembangan jangtungnya. Anda bisa memperoleh kalsium dari berbagai jenis makanan dan minuman seperti susu, bayam, brokoli dan lain sebagainya. Yang harus diperhatikan, anda tidak boleh kekurangan kalsium selama masa kehamilan, apabila itu terjadi janin akan mengambil kalsium dari tulang ibu dengan demikian dapat menggangu kesehatan sang ibu.
  • Zat besi
Peran zat besi sangat penting sekali bagi ibu hamil, karena zat tersebut diperlukan untuk pertumbuhan dan diferensiasi sel-sel tubuh pada janin. Selain untuk janin, zat besi juga sangat baik untuk kesehatan sang ibu karena dapat menghindari kelelahan serta terhindar dari resiko terkena anemia. Ada bisa memperoleh zat besi dari sayuran hijau, ikan, daging, ayam, telur dan kacang-kacangan.

Itulah beberapa nutrisi untuk ibu hamil yang sangat penting untuk dikonsumsi. Dengan kebutuhan nutrisi yang tercukupi, maka janin di dalam kandungan akan tetap sehat serta kesehatan sang ibu juga dapat terjaga. Semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon