Tuesday, October 11, 2016

Tips Aman Saat Belanja Secara Online

Tips Aman Saat Belanja Secara Online
Hadirnya teknologi internet di tengah-tengah kehidupan masyarakat membuat gaya hidup masyarakat dengan cepat berubah, salah satunya adalah dalam hal berbelanja. Sebelum ada internet memang pada umumnya orang-orang akan berbelanja kebutuhan sehari-hari dengan pergi ke pasar maupun supermarket. Namun setelah ada internet, banyak orang yang memilih belanja via online yang mana lebih mudah dan juga praktis. 

Ini dapat dibuktikan dengan menjamurnya toko-toko online yang dapat anda temukan dengan mudah di internet. Namun berbelanja secara online bukan tanpa resiko, karena banyak sekali toko online yang terlibat aksi penipuan sehingga anda harus waspada. Berikut beberapa tips aman saat berbelanja agar terhindari dari berbagai resiko penipuan.

Pilihlah toko online yang terpercaya
Tips Aman Saat Belanja Secara Online

Sebelum anda melakukan transaksi, sebaiknya anda mencari tahu apakah toko itu memiliki reputasi yang baik atau tidak, jika iya maka toko tersebut bisa dipastikan toko yang terpercaya Anda bisa mencari di mesin google mengenai ulasan toko tersebut, serta testimoni orang-orang yang pernah melakukan transaksi disana. Namun agar lebih aman, pilihlah toko yang termasuk kedalam daftar toko online terbaik di Indonesia seperti Blibli.com karena sudah dipastikan toko tersebut merupakan toko yang terpercaya dan sudah mempunyai banyak pelanggan.

Baca kebijakan yang terdapat pada situs toko tersebut

Sebelum melakukan transaksi, anda juga harus membaca kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh situs toko tersebut. Pastikan bahwa terdapat kebijakan yang menyebutkan bahwa data pribadi anda tidak akan diberikan kepada pihak lain, demi keamanan data pribadi anda. Selain itu, kebijakan berupa garansi pengembalian produk juga harus diperhatikan. Ini berguna apabila anda menerima barang yang sudah cacat, anda bisa mengembalikan kembali barang tersebut dan diganti dengan yang baru

Jangan mudah tergoda dengan harga produk yang murah

Jika anda menemukan situs yang menjual berbagai produk dengan harga yang sangat jauh dibawah harga pasaran, sebaiknya anda harus berpikir dua kali untuk membeli produk tersebut disana, bisa-bisa itu adalah modus penipuan agar anda tertarik untuk membelinya. Maka dari itu, sebelum melakukan transaksi sebaiknya anda mengetahui harga pasaran dari produk yang ingin anda beli. Anda bisa mencarinya dengan mudah di mesin Google, dengan begitu apabila menemukan produk dengan harga dibawah rata-rata anda tidak akan mudah tertarik.

Pilihlah metode pembayaran COD
Saat ini banyak sekali orang yang berbelanja secara online melakukan pembayarannya dengan menggunakan kartu kredit karena dirasa cukup aman. Namun akhir-akhir ini, banyak sekali kasus pencurian nomor kartu kredit oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga rasa aman pun kini sudah sirna. COD atau Cash On Delivery merupakan salah satu pilihan metode pembayaran yang terbaik, namun sayangnya saat ini hanya beberapa daerah saja yang bisa melakukan pembayaran COD. Namun jangan khawatir, anda bisa menggunakan metode lain seperti transfer kirim.

Itulah beberapa tips agar berbelanja secara online lebih aman, dengan begitu anda dapat meminimalisir resiko penipuan yang mungkin saja terjadi. Semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon