Tuesday, December 26, 2023

Jenis-Jenis Bumbu Dapur yang Pasti Digunakan Setiap Saat

Bumbu Dapur

Menyediakan bumbu di rumah merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh setiap ibu rumah tangga. Bumbu dapur yang sudah tersedia secara lengkap, akan membantu pekerjaan mom saat memasak.

Akan tetapi, tidak semua jenis bumbu bisa Anda siapkan karena daya tahan setiap bumbu itu berbeda-beda. Nah, berikut ini adalah jenis-jenis bumbu yang daya tahannya lama dan bisa digunakan setiap saat dalam jangka waktu yang panjang dan wajib Anda sediakan di rumah.


1.  Bumbu Kaldu Bubuk

Kaldu bubuk seperti Masako memiliki daya tahan lama dan bisa digunakan untuk berbagai macam jenis masakan. Anda bisa menggunakannya untuk olahan makanan yang menggunakan daging ayam, daging sapi, hingga untuk tumisan-tumisan biasa.

Masako sendiri hadir dalam beberapa varian, dua di antaranya yang paling populer yaitu ayam dan juga sapi.


2.  Garam

Sama halnya seperti kaldu bubuk, garam juga punya karakter yang tahan lama dan tentunya bisa digunakan untuk berbagai macam jenis olahan masakan. Maka dari itu, garam juga wajib ada di rumah.

Namun, pastikan Anda memilih jenis garam beryodium yang bagus untuk tetap menjaga makanan tetap sehat.


3.  Lada Bubuk maupun Biji

Lada merupakan rempah yang sama seperti dua jenis bumbu sebelumnya, yaitu punya daya tahan yang tergolong lama. Lada bubuk biasa digunakan untuk masakan-masakan tumisan hingga berkuah.

Baik lada bubuk maupun biji, keduanya memiliki daya tahan yang sama. Namun, jika Anda ingin mendapatkan sensasi yang lebih kuat, lada biji bisa menjadi solusinya.


Bumbu yang Harus Disiapkan Dadakan

Di sisi lain, ada banyak jenis bumbu yang sebaiknya Anda siapkan dadakan saja karena tidak memiliki daya tahan yang lama. Contohnya seperti bawang merah, bawang putih, bawang daun, serai, laja, jahe dan sejenisnya.


Jika bumbu tersebut dibiarkan lama, terutama tidak disimpan di dalam kulkas, maka kualitasnya akan menurun.


Demikian ulasan seputar bumbu dapur apa saja yang bisa Anda siapkan untuk berbagai kebutuhan karena punya daya tahan yang kuat, dan mana bumbu yang daya tahannya rendah. Semoga bermanfaat.

 


EmoticonEmoticon