Saturday, November 11, 2023

Makanan Penambah Darah Untuk Ibu Hamil Dari Tumbuhan



Masa kehamilan adalah masa yang harus benar-benar dijaga dengan baik, karena ini merupakan masa yang akan menentukan kualitas Kesehatan anak setelah lahir. Salah satu hal yang cukup penting ketika dalam masa kehamilan yaitu mengkonsumsi makanan penambah darah, nah kira-kira apa saja itu? Salah satunya sangat mudah kita temukan yaitu dari tumbuh-tumbuhan.

Sebelum kita membahas mengenai beberapa makanan penambah darah dari tumbuhan, penting untuk diketahui bahwa sel darah merah sangat penting karena memiliki manfaat penting untuk menyalurkan oksigen ke janin. Untuk bisa menghasilkan sel darah merah, maka ibu perlu untuk melakukan konsumsi makanan yang memiliki asupan yang menghasilkan sel darah merah seperti zat besi, folat, vitamin B12, maupun vitamin C.

Nah berikut ini beberapa makanan penambah dari dari tumbuhan yang bisa Anda konsumsi pada masa kehamilan, diantaranya;

Bayam

Ini merupakan salah satu tumbuhan yang sering kali dijadikan sayur, jangan remehkan bayam karena didalamnya terdapat zat besi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Bahkan kebutuhan ibu hamil terhadap zat besi ini dua kali lipat dibandingkan pada Wanita yang sedang tidak pada masa kehamilan. 

Kebutuhan ibu hamil dalam hal ini setidaknya 27 mg per hari serta takaran tersebut akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Selain zat besi di dalam bayam juga ada kandungan vitamin C yang tentunya bisa membantu pembentukan sel darah merah.

Buah-buahan

Buah-buahan merupakan makanan yang sehat, bahkan sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Untuk buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi yaitu seperti jeruk, pisang dan apel baik itu dikonsumsi sebagai makanan untuk penambah darah bagi ibu hamil.

Kacang-kacangan

Jika Anda mengkonsumsi kacang-kacangan pada waktu hamil, maka bisa dikatakan Anda melakukan langkah yang tepat. Hal tersebut karena kacang-kacangan memiliki kandungan zat besi serta protein yang dapat menjadi makanan penambah darah bagi ibu hamil. Jenis kacang lentil, kemudian kacang polong sampai dengan buncis tentunya akan sangat cocok dijadikan makanan untuk penambah darah.

Nah itulah beberapa makanan penambah darah untuk ibu hamil dari tumbuh-tumbuhan. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda yang kini sedang mencari informasi ya?


EmoticonEmoticon