Tuesday, October 3, 2023

Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi Usia 0-12 Bulan



Tahun pertama merupakan salah satu milestone yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Ada banyak kemampuan yang membuat Anda pastinya akan berdecak kagum. Kenali setiap tahap pertumbuhan dan perkembangan bayi usia 0-12 bulan. Jadi, bisa memantau apakah pertumbuhan dan perkembangannya berjalan optimal. 

Tahap Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Langsung saja, berikut ini tahapannya berdasarkan usia bayi:

1. Usia 0-1 Bulan

Anda jangan khawatir jika bayi kehilangan 10% berat badan lahir. Pasalnya, pada hari kedua setelah lahir, bayi memang mengalaminya. Nanti akan normal lagi memasuki minggu kedua. Pada usia ini, belum banyak hal yang bisa dilakukan bayi. Berat badannya bertambah 30 gram per hari. Sementara panjangnya bertambah 3-4 cm dalam satu bulan.

2. Usia 1-3 Bulan

Memasuki usia 1-3 bulan, sudah lebih banyak perkembangan yang terjadi pada bayi. Bahkan bayi sudah mulai merespon gerakan dan cahaya di sekitarnya. Beberapa kemampuan lain yang bisa dilakukan seperti mengangkat kepala saat tummy time, memainkan kaki, memainkan jari, dan membedakan suara orang terdekat.

3. Usia 4-6 Bulan

Bayi usia 4-6 bulan sudah mulai tersenyum ketika diajak bicara dan bermain. Bahkan Si Kecil juga sudah bisa berguling dari posisi telungkup ke telentang, dan sebaliknya. Kemampuan lain seperti melakukan kontak mata, mengoceh, duduk dengan penyangga, dan menjejakkan kaki ke lantai. 

4. Usia 7-9 Bulan

Perkembangan Si Kecil di usia 7-9 bulan tentu saja semakin banyak. Pada usia inilah biasanya bayi bisa merangkak dan mendorong badannya. Kemampuan lain yaitu belajar memegang, mengucapkan kata tertentu, dan mengangkat sesuatu memakai jari.

5. Usia 10-12 Bulan

Pada usia 10-12 bulan, tentu saja ada banyak sekali kemampuan yang bisa Si Kecil lakukan. Bayi mampu memegang benda dengan ukuran kecil, berdiri tanpa bantuan, menunjuk benda, dan mulai belajar berjalan.

Nah, sudah tahu tahap pertumbuhan dan perkembangan bayi 0 sampai 12 bulan? Selain memastikan tumbuh kembangnya, Anda juga harus memastikan kenyamanan Si Kecil. Pilih popok ternyaman yaitu MAKUKU SAP Diapers. Popok yang tipis dengan daya serap tinggi membantu Si Kecil nyaman sepanjang hari. MAKUKU SAP Diapers juga menjadi popok yang menggunakan 100% struktur inti SAP (Super Absorbent Polymer).


EmoticonEmoticon