Monday, August 7, 2023

Jenis-Jenis Ruam Popok Pada Bayi



Sebagai orang tua yang memiliki anak usia dini saat ini tentu haru mengetahui apa itu ruam popok pada bayi, dan bahkan juga harus mengetahui mengenai jenis-jenisnya. Biasanya ruam popok tersebut terjadi karena iritasi ataupun kelembaban yang secara terus menerus pada bayi di bagian selangkangannya.

Namun perlu diketahui bahwa ruam popok pada bayi ini memiliki beberapa jenis, diantaranya bisa Anda lihat disini.

Berikut Beberapa Jenis-Jenis Ruam Popok Pada Bayi 

Dermatitis kontak iritasi

Ini merupakan sebagai salah satu jenis ruam yang paling banyak terjadi pada bayi, biasanya yang menyebabkan ini yaitu karena terkena paparan urine dan feses bayi. Ruam yang terjadi karena iritasi biasanya warnanya merah dan berkilau, dan bahkan kalau kita sentuh biasanya terasa hangat pada saat disentuh. Kondisi ini biasanya terjadi pada bagian alat kelamin, bokong, paha, dan perut. 

Dermatitis kontak alergi

Ini memang tidak biasa terjadi, namun bayi Anda bisa saja alergi dengan bahan yang digunakan dalam pembuatan popok. Ini biasanya disebabkan ketika berulang kali kontak, kemudian sistem imun bereaksi dan memunculkan alergi berupa ruam yang membuat anak tidak nyaman. Alergi dari popok yang satu ini biasanya berupa karet, pewarna, dan pewangi. Untuk jenis alergi yang satu ini biasanya membutuhkan waktu 1-3 minggu, baru kemudian muncul setelah paparan pertama. 

Kandidiasis

Ruam jenis ini biasanya disebabkan oleh antibiotik, pada saat bayi mengkonsumsi antibiotik untuk suatu penyakit. Inilah yang menyebabkan kulit bayi lebih mudah terkena jamur. Jenis dari ruam popok pada bayi terdapat garis tepi yang jelas, yaitu berupa sisik putih dan ada bentol-bentol warna kemerahan. 

Infeksi

Ini terjadi karena adanya paparan urine dan feses yang ada di kulit bayi, urine bisa mengubah tingkat pH kulit sehingga bisa membuat bakteri berkembang biak lebih cepat. Seperti kita tahu biasanya pemakaian popok menghambat sirkulasi udara, sehingga kulit yang tertutupi popok akan jadi lembab, maka dari itu bakteri akan leluasa berkembang biak dan menginfeksi kulit bayi. 

Eksim

Tandanya terkena eksim ini yaitu kulit kering, teriritasi, dan terasa gatal. Bagian kulit yang menebal dan bersisik, selain sebagai ruam popok eskim biasanya juga ada di bagian tubuh yang lainnya. 

Itulah informasi mengenai jenis-jenis ruam popok pada bayi, ada baiknya untuk Anda yang memiliki anak kecil saat ini menggunakan popok MAKUKU. Untuk mencegah berbagai macam jenis ruam popok.


EmoticonEmoticon