Wednesday, July 12, 2023

MIE LOMIE VIRAL: SENSASI KELEZATAN YANG HEBOH DI MEDIA SOSIAL

Tags



Bandung, ARSNews - Bosan mie ayam? Coba cicip lomie buat hidangan brunch saat di Bandung. Salah satunya ditawarkan Lomie Lombok yang sudah eksis sejak 13 tahun lalu. Kuliner mie di Bandung bukan mie ayam saja, melainkan juga lomie yang sama-sama mendapat pengaruh budaya China. Konon lomie sudah ada sejak tahun 25 Masehi.

Lomie dibuat dengan memanfaatkan sisa tepung yang kemudian diolah menjadi mian (tepung giling). Lomie lalu disajikan bersama kuah kental gurih. Versi aslinya, kuah itu dibuat dari campuran tulang dan daging babi. Namun karena di Indonesia mayoritas penduduknya Muslim lomie mendapat penyesuaian dalam pembuatannya. Kaldunya memakai ebi dan seafood.

Di Bandung ada beberapa tempat makan lomie terkenal, salah satunya Lomie Lombok yang hadir sejak 2008. Penjual lomie kaki lima ini tak pernah sepi pembeli meski hanya menawarkan area bersantap sederhana di Jalan Lombok Nomor 12, Cihapit. Lomie Lombok menawarkan menu lomie, yamin manis, yamin asin, hingga mie bakso kuah dan harga per porsinya Rp 25 ribu. Di sini tidak dibuat dari mie Hokkian yang berwarna kuning, tetapi mie segar berwarna putih. Bentuknya pipih dan lebar dengan tekstur kenyal yang memuaskan selera. Kuah lomienya super kental dan membuat mie ini seperti mie nyemek, dan Isiannya ada bakso, kangkung, daun bawang, bawang goreng, dan pelengkap kerupuk kulit.


Pada suapan pertama, rasa kuah lomie yang gurih enak langsung tercepat. Rasa ebi cukup mendominasi pada kuah yang kentalnya terbuat dari tepung maizena ini. Paling enak makan lomie pakai perasan jeruk nipis dan sambal merahnya yang pedas segar. Seporsi lomie ini menjadi pilihan menu brunch yang pas.

Menurut Ibu Yosanda “Rasanya enak. Mie Lomie Bandung memiliki rasa yang unik dan berbeda dari mie-mie lain yang pernah saya coba. Kuahnya yang unik sangat lezat dengan kombinasi bumbu yang sempurna. Mie-nya juga kenyal dan tidak terlalu tebal. Topping yang diberikan, seperti bakso, dan sayuran segar, memberikan variasi tekstur dan cita rasa yang sangat memuaskan. Saya benar-benar terkesan dengan kelezatan Mie Lomie ini."

Berkat kenikmatannya, Lomie Lombok sering kali ramai pengunjung. Seorang pegawai mengatakan dalam sehari mereka bisa menjual 400 porsi lomie. memikat hati pecinta kuliner, Mie Lomie Bandung tetap mempertahankan esensinya sebagai hidangan unik yang menggugah selera. Kelezatan dan sensasi yang ditawarkannya telah membuatnya menjadi favorit di kalangan pecinta kuliner lokal.

Penulis : Farrihah Murtiaja S & Sarah Jehan


EmoticonEmoticon