Thursday, March 2, 2023

Tips Ganti Oli dan Harga Mobil Xpander Sport CVT 2022

Tags

 


Ganti oli mobil adalah salah satu tindakan perawatan yang sangat penting bagi kendaraan. Jika tidak dilakukan secara teratur, maka performa mobil akan menurun, serta dapat menyebabkan kerusakan pada mesin, terutama mobil Xpander. Nah, kali ini kami akan coba jelaskan tips mengganti oli sekaligus informasi harga mobil Xpander Sport CVT 2022 yang saat ini Anda butuhkan.

Mitsubishi Xpander Sport, seperti mobil lainnya, juga memerlukan ganti oli secara berkala. Namun, banyak pemilik mobil yang tidak tahu bagaimana cara yang benar untuk mengganti oli mobil. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam mengganti oli mobil Mitsubishi Xpander Sport.

Mengetahui Jenis Oli yang Harus Digunakan

Mitsubishi Xpander Sport CVT 2022 memerlukan jenis oli yang spesifik dan disesuaikan dengan mesin mobil. Jika Anda tidak yakin jenis oli yang diperlukan, periksa buku panduan pemilik atau tanyakan kepada teknisi mobil Anda. Pastikan bahwa Anda menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil Anda.

Anda juga bisa cek pada buku panduan. Biasanya pada buku panduan Anda juga bisa menemukan rekomendasi jenis oli yang cocok untuk mobil terkait.

Mempersiapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses penggantian oli, pastikan bahwa Anda telah menyiapkan semua peralatan yang diperlukan. Beberapa peralatan yang biasanya dibutuhkan untuk mengganti oli mobil termasuk:

  • Alat pengencang ban

  • Alat pengencang filter oli

  • Ember dan kain lap

  • Lubang untuk menampung oli bekas

  • Memanaskan Mobil Sebelum Mengganti Oli


Sebelum mengganti oli, pastikan mesin mobil Anda dalam keadaan panas. Dengan memanaskan mesin mobil, maka oli akan mengalir lebih lancar dan lebih mudah dikeluarkan dari mesin. Mesin mobil harus dipanaskan selama kurang lebih 10-15 menit sebelum Anda mulai mengganti oli.

Silahkan Anda panaskan mobil sesuai dengan waktu yang dianjurkan agar proses penggantian oli menjadi lebih optimal.

Meletakkan Mobil di Permukaan yang Datar

Pastikan bahwa kendaraan Anda dalam keadaan sejajar dan pada permukaan datar saat mengganti oli. Hal ini penting agar oli dapat keluar dengan baik dari mesin dan tidak terkumpul di satu sisi mesin. Jika kendaraan Anda tidak dalam posisi yang benar, maka mungkin terdapat sisa oli yang tidak bisa dikeluarkan dengan baik.

Proses pengisian dan mengeluarkan oli bisa menjadi lebih optimal jika Anda lakukan di permukaan yang datar.

Setelah mesin mobil panas dan kendaraan Anda dalam posisi yang benar, langkah selanjutnya adalah mengeluarkan oli bekas. Anda harus membuka tutup oli di mesin dan tempatkan ember di bawah mesin untuk menampung oli bekas. Buka lubang pengeluaran oli dan biarkan oli keluar dengan sempurna.

Mengganti Filter dan Menambahkan Oli Baru

Setelah oli bekas telah dikeluarkan dari mesin, ganti filter oli yang terletak di bawah mesin. Hal ini penting agar oli baru dapat mengalir dengan baik ke mesin mobil. Ganti filter oli dengan yang baru dan pastikan bahwa Anda memasangnya dengan benar.

Setelah Anda mengganti filter oli, langkah terakhir adalah menambahkan oli baru ke dalam mesin. Pastikan bahwa Anda menambahkan oli sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan dan tidak melebihi batas maksimum yang diperbolehkan. Setelah oli ditambahkan, pastikan bahwa Anda menutup tutup oli dan memeriksa level oli di mesin.

Jika Anda masih ragu untuk menggantinya sendiri, Anda bisa mengganti oli di bengkel resmi Mitsubishi, yaitu Lautan Berlian Prioritas. Selain itu, Anda juga bisa cek harga mobil Xpander Sport CVT 2022 melalui situs resmi Lautan Berlian Prioritas.


EmoticonEmoticon