Wednesday, September 8, 2021

Ciri Khas Desain Ruang Tamu Bergaya Victorian

Tags

Pemilihan desain atau gaya sangat berpengaruh pada tampilan ruang tamu Anda. Oleh sebab itu sebelum merancang ruang tamu, penting untuk memilih gaya yang diinginkan terlebih dahulu. Ada cukup banyak desain ruang tamu yang bisa dipilih, salah satunya yaitu gaya victorian. Gaya ini memang belum terlalu marak digunakan oleh masyarakat jika dibandingkan dengan gaya simple seperti gaya minimalis, scandinavian, dan lain sebagainya. Namun tidak ada salahnya untuk mempertimbangkannya, apalagi jika Anda menginginkan tampilan ruang tamu yang megah dan mewah.


Gaya victorian biasanya ditemukan di ruang tamu mewah orang-orang Eropa. Gaya ini sempat suru pada sekitar tahun 1990-an, namun kembali diminati karena tampilannya yang mewah. Untuk lebih mengenal gaya victorian, berikut ini ada beberapa ciri khasnya yang perlu Anda ketahui:


Dekorasi Ala Kerajaan Inggris


Interior bergaya victorian sebenarnya sudah ada sejak lama sekali. Istilah victoria sendiri disematkan karena desain ini hadir pada masa kekuasaan Ratu Victoria. Bukan hanya nama saja, desain yang hadir juga terinspirasi dari kerajaan Inggris sehingga tampak mewah dan megah. Biasanya gaya victorian diterapkan oleh kalangan ekonomi menengah ke atas.




Berbeda dengan Gaya Klasik


Beberapa orang beranggapan jika gaya victorian serupa dengan gaya klasik. Padahal kenyataannya keduanya adalah gaya yang cukup berbeda. Warna yang digunakan merupakan perbedaan mendasar di antara keduanya. Selain itu, ukiran dari gaya victorian lebih sederhana dibandingkan gaya klasik yang rumit.


Ukiran yang Indah dan Terkesan Megah


Ciri khas desain ruang tamu bergaya victorian selanjutnya yaitu adanya ukiran yang sangat indah. Ukiran tersebut biasanya bisa dilihat pada furniture berupa bingkai foto, sofa, meja, cermin, lampu, dan lain sebagainya. Adanya ukiran di berbagai furniture membuat ruang tamu bergaya victorian terlihat megah.


Mementingkan Keindahan Dibandingkan Fungsi


Gaya victorian sangat bertolak belakang dengan gaya minimalis yang mementingkan fungsi. Anda bisa meletakkan berbagai dekorasi dan furniture meskipun itu tidak terlalu penting. Ada banyak ornamen yang diterapkan agar hunian lebih megah dan mewah. Beberapa pola yang identik dengan gaya victorian yaitu dedaunan, bunga, kupu-kupu, dan burung.


Warna yang Digunakan Klasik dan Glamor


Penggunaan warna merupakan salah satu elemen yang membuat ruang tamu gaya satu dengan gaya lainnya berbeda. Pada gaya victorian yang megah dan mewah, biasanya warna yang diterapkan adalah warna-warna klasik dan glamor seperti gold, maroon, cokelat, merah anggur, atau mahogany brown.


Dinding Penuh Hiasan


Dinding dari gaya victorian penuh dari hiasan. Beberapa orang menerapkan wallpaper unik untuk menghemat pengeluaran. Namun untuk yang memiliki budget lebih, hiasan dinding bisa berupa barang-barang yang mewah seperti lukisan, foto dengan bingkai mewah, dan lain sebagainya.


Furniture yang Digunakan Mewah


Ciri khas ruang tamu victorian yang terakhir adalah penggunaan furniture mewah nan klasik. Hal ini penting karena furniture menjadi salah satu elemen yang membuat ruang tamu Anda tampak mewah dan megah. Furniture wajib dari ruang tamu victorian adalah lampu gantung mewah, sofa mewah, gorden yang besar, serta karpet yang besar.


Itulah ciri khas desain ruang tamu bergaya victorian yang perlu Anda ketahui. Desain ini sangat cocok untuk rumah mewah dengan ruang tamu yang luas. Jika membutuhkan inspirasi desain lain yang lebih simple, Anda bisa menemukannya di Masterumah.id. Masterumah.id sendiri merupakan sebuah platform berbagi yang dibangun oleh Semen Tiga Roda. Ada banyak fitur yang disediakan untuk membantu masyarakat mewujudkan rumah impian. Masterumah.id bisa diakses secara online dengan mengunjungi website www.masterumah.id. 


EmoticonEmoticon