Friday, August 13, 2021

Sistem Dan Cara Kerja Pinjaman Modal Usaha Syariah

Tags





Selain dikelola secara konvensional, ada juga lembaga perbankan yang sistem pengelolaanya dijalankan secara syariah. Salah satu sistem yang dikelola secara syariah tersebut adalah sistem pemberian pinjaman kepada para nasabahnya. Pinjaman syariah merupakan pinjaman uang dengan sistem pengembalian dana dan batasan waktu sesuai dengan prinsip syariah. Lembaga keuangan syariah seperti bank syariah, tidak mengenal istilah bunga layaknya bank pada pinjaman konvensional. Ada beberapa jenis pinjaman bank yang dikelola secara syariah, salah satunya adalah pinjaman modal usaha syariah.


Pinjaman modal usaha syariah yang dikelola secara syariah menerapkan sistem pembiayaan dengan periode waktu pendek atau panjang untuk pengusaha yang membutuhkan tambahan modal kerja sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Misalnya untuk kebutuhan membeli bahan baku, membayar biaya produksi, perdagangan barang dan jasa, serta pengerjaan proyek. Fasilitas pinjaman syariah langsung cair ini bisa berbentuk online maupun offline dan diberikan untuk semua usaha yang dinilai memiliki prospek serta tidak melanggar syariat Islam. Ada dua skema yang diberlakukan dalam sistem pemberian pinjaman modal usaha syariah tersebut yaitu sebagai berikut :




  • Pembiayaan Syariah Dengan Skema Jual Beli. Skema pembiayaan syariah ini membuat pihak bank syariah membiayai pembelian barang kebutuhan modal kerja yang dibutuhkan nasabah. Perhitungannya dengan rumus harga pokok ditambah dengan margin keuntungan bank syariah yang sudah disetujui oleh pihak nasabah dan bank. Perlu dicatat bahwa tingkat keuntungan bank sudah ditentukan di awal dan keuntungannya menjadi bagian harga atas barang yang dijual.

  • Jenis Pembiayaan Syariah Skema Kerja Sama. Jenis kontrak pembiayaan syariah selanjutnya berupa skema kemitraan bagi hasil atau mudharabah dan musyarakah. Pembiayaan syariah ini mengacu pada kemauan kedua pihak (bank dan nasabah) untuk melakukan kerja sama untuk menaikkan nilai aset mereka. Tercantum pula skema pembagian hasil keuntungan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak dalam kontrak perjanjian.

  • Demikian beberapa hal yang berkaitan dengan sistem dan cara kerja dari pinjaman modal usaha syariah. Bank Danamon sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia menerapkan sistem pinjaman usaha secara syariah agar para nasabahnya bisa memperoleh pinjaman usaha yang sesuai dengan syariat Islam.



EmoticonEmoticon