Tuesday, March 31, 2020

Daftar Makanan Buat Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

makanan buat ibu hamil

Perlu Anda ketahui, makanan adalah salah satu faktor penting untuk ibu hamil agar tetap bisa menjaga kesehatan tubuh dan janin. Ada banyak sekali pilihan makanan buat ibu hamil yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Nah di sini, kami akan menjelaskan list makanan yang perlu Anda siapkan dan konsumsi setiap hari untuk tetap menjaga kesehatan.

Buah-Buahan untuk Ibu Hamil


Buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang sehat dan menyehatkan. Anda bisa memilih berbagai jenis buah sesuai dengan selera. Adapun buah yang cocok untuk ibu hamil, di antaranya seperti:

Pisang
Mangga
Alpukat
Lemon
Jeruk
Pepaya
Buah tin
Buah bit
Kelapa muda murni
Jus jambu biji
Stroberi
Blueberry
Semangka
Dan lainnya
Silahkan Anda konsumsi secara langsung, atau mengubahnya menjadi jus. Anda bisa membuat jus dengan berbagai jenis varian buah. Kandungannya tentu akan jauh lebih sehat, dan rasanya pun semakin menyegarkan.


Sayuran Untuk Ibu Hamil


Sayuran adalah makanan yang memiliki kandungan nutrisi, dan berbagai kandungan lain yang dibutuhkan oleh setiap ibu hamil. Ada banyak jenis sayuran yang bisa Anda pilih. Nah, berikut daftar sayuran yang cocok Anda konsumsi setiap hari pada masa-masa kehamilan:

Brokoli
Bayam
Buncis
Paprika
Buncis
Kentang
Daun katuk
Kacang-kacangan
Kembang kol
Kubis
Labu siam
Jagung
Kangkung
Sayuran bisa Anda olah untuk dikonsumsi sehari-hari. Selain itu, bisa juga Anda olah menjadi jus yang digabungkan dengan buah-buahan. Dengan begitu, mengonsumsi sayuran menjadi semakin lebih menyenangkan.

Daging dan Makanan Umum


Agar tidak membosankan, Anda bisa mengonsumsi jenis makanan yang tidak itu-itu saja. Anda juga masih bisa mengkonsumsi banyak jenis makanan sehat. Namun, tetap perhatikan cara pengolahannya. Berikut berbagai jenis makanan umum yang masih bisa dinikmati tanpa kehilangan manfaat dan kandungan bermanfaatnya.

Telur rebus
Daging ayam
Salmon segar
Sereal
Daging sapi yang direbus maupun dipanggang
Susus sapi
Berbagai aneka olahan susu seperti keju maupun yoghurt
Umbi-umbian
Gandum
Beras merah
Susu kedelai
Roti

Dengan makanan di atas, ibu hamil tidak hanya bisa mengonsumsi makanan-makanan seperti buah dan sayuran saja. List diatas, membuktikan bahwa ibu hamil juga masih tetap bisa mengonsumsi makanan-makanan sehat dari daging, telur, dan lainnya.

Kesimpulan


Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin, ternyata, bisa dilakukan dengan cara sederhana. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan. Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara pengolahannya, agar makanan tersebut tidak kehilangan kandungan bermanfaatnya.

Bagi Anda yang sedang dalam masa-masa kehamilan, perhatikanlah makanan-makanan yang Anda konsumsi. Karena, makanan sehat tidak hanya bermanfaat untuk ibu hamil, juga bermanfaat untuk janin di dalam kandungan. Semoga list makanan buat ibu hamil di atas dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan pada masa-masa kehamilan.


EmoticonEmoticon