Friday, February 14, 2020

Alasan Pinjam Dana Tunai Jaminan BPKB Mobil Lebih Aman

Tags

pinjaman dana tunai jaminan bpkb mobil
BPKB merupakan salah satu jenis jaminan berharga yang akhir-akhir ini sering digunakan ketika mengajukan pinjaman dana tunai. Mengajukan pinjaman dana tunai jaminan BPKB mobil memang dianggap lebih praktis karena prosesnya yang cepat. Saat anda mengajukan pinjaman dana tunai jaminan BPKB mobil maka pastikan terlebih dahulu legalitas lembaga keuangan, bunga pinjaman, besarnya cicilan serta jumlah penghasilan anda setiap bulannya.

Salah satu lembaga keuangan terpercaya dan resmi yang melayani pengajuan pinjaman dana tunai dengan jaminan BPKB yaitu BFI Finance. Dimana lembaga keuangan yang ini melayani berbagai jenis pinjaman dengan jaminan beragam. Bahkan nilai bunga yang diberikan juga wajar dan nilai plafonnya sesuai dengan aset yang dijaminkan. Bila cicilan pinjaman justru menambah beban keuangan anda maka bisa terjadi keterlambatan pembayaran cicilan yang berujung pada denda. 
pinjaman dana tunai jaminan bpkb mobil
Bahkan cicilan tersebut bisa menumpuk dan akhirnya berujung pada penyitaan aset mobil sesuai dengan jaminan BPKB mobil. Beberapa lembaga keuangan ada yang menggunakan ancaman pihak kepolisian untuk menyita aset mobil tersebut. Tak perlu takut karena ternyata ada beberapa hak-hak nasabah yang dilindungi saat menggunakan jaminan BPKB diantaranya sebagai berikut.

1. Polisi Tidak Mengurus Masalah Hutang


Perlu anda ketahui bahwa Polisi tidak diperbolehkan mengurusi masalah hutang baik menagih atau melindungi orang yang berhutang. Jadi jika lembaga keuangan tersebut mengancam akan menagih hutang dengan membawa pihak kepolisian maka anda bisa menyebutkan peraturan tersebut.

2. Jaminan Fidusia


Jaminan jenis ini merupakan jaminan kendaraan benda bergerak namun hanya menyerahkan BPKB tanpa menyerahkan kendaraannya secara fisik. Sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku dapat diketahui bahwa pemberi pinjaman berhak didahulukan haknya terhadap kendaraan bila si peminjam gagal melunasi hutang. Pastikan jaminan yang anda ajukan sudah dilengkapi jaminan fidusia sehingga bisa melindungi pihak peminjam maupun pemberi pinjaman secara hukum.

3. Meminta Bantuan


Bila anda mengalami kegagalan untuk membayar atau melunasi pinjaman dana yang anda miliki lalu tidak ditemukan jalan keluar antara dua belah pihak maka anda bisa meminta bantuan kepada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Bisa juga meminta bantuan kepada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Tujuan meminta bantuan pada lembaga tersebut yaitu menegosiasikan situasi pihak peminjam yang sulit membayar cicilan. Dengan begitu peminjam bisa memperoleh keringanan jangka waktu pembayaran secara lebih panjang.

Demikianlah penjelasan mengenai alasan pinjam dana tunai jaminan BPKB mobil lebih aman yang bisa menjadi bahan pertimbangan anda. Kini anda tak perlu khawatir saat mengajukan pinjaman dana tunai jaminan BPKB mobil sebab anda akan memperoleh hak-hak perlindungan secara hukum. 


EmoticonEmoticon