Tuesday, October 1, 2019

Inilah Penyebab Sakit Saat Menstruasi yang Paling Umum Terjadi

Image result for sakit saat menstruasi femometer

Mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur bisa dikatakan sangat merepotkan, apalagi bila menstruasi yang dialami dibarengi dengan rasa sakit yang tak tertahankan. Nah, siklus menstruasi yang tidak teratur ini bisa saja terjadi lebih cepat, ataupun menjadi lebih lambat dari yang seharusnya. Bisa dikatakan haid tidak lancar ini bila sudah melewati dari 35 hari atau selebihnya. 

Adapun akibat atau efek samping dari haid yang tidak lancar ini adalah, bisa memicu terjadinya komplikasi yang berpengaruh pada tingkat kesuburan wanita dan bahkan juga bisa mengakibatkan terjadinya osteoporosis. Untuk itu ketika anda sedang dalam masa haid yang tidak lancar ini, sakit saat menstruasi ini terkadang akan menghampiri anda. Untuk itu fase menstruasi yang tidak lancar ini, sebaiknya anda tidak anggap remeh.

Adapun beberapa penyebab gangguan menstruasi atau sakit saat menstruasi ini, bisa anda simak sebagai berikut :
  • Akibat diet yang tidak sehat

Pada saat mau mengalami fase menstruasi, setidaknya tubuh anda membutuhkan beberapa kandungan nutrisi. Untuk itu dengan melakukan diet yang dipaksakan, tentunya akan mempengaruhi kelancaran mensturasi anda, karena dengan melakukan diet tersebut otomatis anda akan kekurangan nutrisi. 

  • Akibat penggunaan alat kontrasepsi

Faktanya, beberapa alat kontrasepsi ternyata bisa menjadi salah satu penyebab sakit saat menstruasi. Terlebih penggunaan alat kontrasepsi seperti IUD dengan bentuk spiral atau pil KB, sejatinya bisa memicu perubahan siklus haid dan juga bisa memicu banyaknya darah haid yang tidak umum terjadi. 
  • Faktor Stress berlebih

Jangan pernah menganngap remeh stress, karena stress ini ternyata secara tidak langsung bisa mempengaruhi produksi dari hormon estrogen dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Yang mana hormone estrogen akan mempengaruhi terhadap kelancaran proses mensturasi itu sendiri.

Sebenarnya masih ada banyak lagi faktor penyebab terganggunya fase menstruasi ini, namun secara garis besar hal-hal diatas yang paling umum terjadi dan banyak dijumpai dalam beberapa kasus tersendatnya kelancaran suatu fase menstruasi. Nah untuk mengatasi tersendatnya fase menstruasi ini sendiri, maka anda bisa menggunakan aplikasi ovutest yang bisa digunakan untuk mengecek kalender kesuburan anda. 


EmoticonEmoticon