Wednesday, March 20, 2019

Diamond Nusantara Terbaik di Dunia

Diamond nusantara yang terkenal di dunia adalah hasil dari Martapura, Kalimantan Selatan. Namun, sayang pengolahanya yang masih tradisional dan belum tersentuh teknologi pada sebagian besar pengrajin membuat kualitasnya berkurang. Berlian adalah salah satu batu mulia yang terbentuk karena pengkristalan di dalam bumi. Berlian mahal harganya karena tidak banyak tempat di bumi yang merupakan penambangannya. Indonesia menjadi salah satu penghasil berlian terbaik. Diamond nusantara ini terdapat di Pulau Kalimantan, tepatnya di Martapura, Kalimantan Selatan. Berlian nusantara dari Kalimantan mempunyai tingkat kematangan yang penuh karena batu ini dahulu keluar dari ledakan besar gunung berapi yang kini membentuk daratan. Pengkristalan berlian di dalam perut bumi sudah sangat sempurna. Warna-warni berlian Kalimantan sangat indah. 


Apalagi berlian khas Indonesia umumnya diikat oleh emas yang bercorak khas budaya Indonesia. Ini membuat diamond nusantara menjadi bertambah nilai jualnya. Namun, tidak semua orang mengenal berlian Kalimantan kebanggan Indonesia ini. Penyebabnya adalah kurang promosi dan pembuatan atau penggosokan berlian yang sebagian besar masih dilakukan secara tradisional atau manual. Penggosokan yang demikian mempengaruhi kualitas berlian secara keseluruhan. Seperti diketahui, kualitas berlian dipengaruhi oleh 4 hal di bawah ini.

1. Warna Berlian
Warna berlian dikelompokkan mulai dari huruf D (putih bening) yang terbaik hingga huruf Z yang berwarna kuning terang. Meskipun demikian, bukan berarti berlian yang berwarna tidak indah. Berlian yang terkenal di dunia berwarna kuning, pink, biru, atau hijau tergolong langka. Berlian dengan warna tersebut sangat mahal harganya. 

2. Kejernihan Berlian
Kejernihan berlian juga menjadi penentu harga. Semakin jernih semakin mahal. Namun, sama dengan warna berlian, kejernihan tidak dapat dilihat dengan mata biasa. Warna dan kejernihan dapat dilihat menggunakan kaca pembesar dengan pembesaran sampai 10 kali lipat.

Kejernihan berlian ditandai dengan huruf di bawah ini, mulai dari yang paling jernih:
  • FL (Flawless) – IP (Internally Flawless)
  • VVSI 1 – VVSI 2 (very, very slighty included)
  • VS 1 – VS 2 (very slightly included)
  • SI 1 – SI 2 (slightly included)
  • I 1 – I 3 (included)
3. Berat Berlian
Berat berlian, sama dengan emas atau perhiasan lainnya, sering disebut dengan karat. Satu karat berlian beratnya sekitar 0.2 gram. Tentu saja semakin banyak karat, semakin besar berlian,semakin tinggi pula harganya.

4. Pemotongan Berlian
Pemotongan berlian sering disebut sebagai cut. Akibat dari kekerasannya, pemotongan hampir tidak ada yang sempurna. Kebanyakan menghasilkan goresan. Cut ini yang masih membuat banyak berlian nusantara Indonesia harganya tidak semahal berlian lain. 

Untuk mengembangkan diamond nusantara perlu perhatian semua pihak dalam pengelolaannya. Masyarakat penambang perlu diberi bimbingan agar menghasilkan berlian berkualitas.


EmoticonEmoticon