Sunday, October 29, 2017

Beberapa Hal Supaya Anak Kreatif

kreativitas anak

Anak terlahir ke dunia merupakan anugerah dan titipan dari Tuhan yang Maha Esa. Tumbuh dengan cerdas, pintar serta kreatif merupakan kelebihan yang membuat orang tua menjadi bangga. Anak tumbuh menjadi pribadi yang kuat, cerdas, dan kreatif bukan terbentuk begitu saja namun memerlukan proses yang dibentuk dari berbagai aspek. Untuk membentuk kreativitas anak perlu perhatian dan beberapa hal supaya anak tumbuh menjadi kreatif.

Supaya anak memiliki kreativitas yang tinggi serta tumbuh dan kembang dengan baik, maka ada beberapa hal yang penting yang harus dilakukan. Berikut ini merupakan beberapa hal yang menjadi referensi supaya anak tumbuh menjadi pribadi kreatif.

  1. Arahkan pada bakat dan minat yang menonjol pada diri anak. Setiap anak tentunya memiliki bakat dan minatnya masing-masing. Sebagai orang tua tentu lebih peka terhadap perkembangan tersebut. Misalnya anak yang suka menggambar, mewarnai atau pun hal yang lainnya perlu diperhatikan dengan baik. Dengan cara latihan yang ringan dan mengarahkan kegiatan tersebut diharapkan anak menjadi lebih kreatif dan mampu berimajinasi.
  2. Jangan mengekang anak. Dalam hal ini, tentunya pada masa kanak-kanak adalah masa bermain, sebagai orang tua jangan terlalu mengekang kebebasan anak. Biarkan anak dengan dunianya dan tetap bermain. Jangan membentak anak apalagi tidak diberi kebebasan. Sehingga kreativitas anak terbatasi.
  3. Ajak dengan pengalaman yang baru pada anak. Kegiatan di rumah memang sangat menyenangkan bersama anak. Namun, ada kalanya beri anak pengalaman baru misalnya bermain ke suatu tempat dengan maksud untuk pengetahuan dan pengalaman baru. Misalnya pada tempat yang belum pernah disinggahi seperti liburan ke suatu tempat agar anak mampu memberikan pendapat dan beradaptasi dengan hal baru.
  4. Mendidik dengan halus. Ada kalanya anak merasa bosan pada suatu hal dan lari pada hal lain. Sebetulnya itu hal yang wajar dan jangan memaksakan kehendak orang tua. Ikuti dulu kemauan anak tersebut dan arahkan dengan cara yang halus.

Membangun kreativitas anak memang tidak mudah perlu kesabaran dan ketelatenan dalam mendidik. Untuk itu, salah satu dorongan untuk menjadikan anak tumbuh dan kembang menjadi pribadi yang kreatif berikan dukungan berupa makanan yang sehat dan bila perlu berikan susu yang tepat untuk anak seperti susu DANCOW khusus untuk anak agar perkembangan otak anak cepat dan baik.


EmoticonEmoticon