Tuesday, May 9, 2017

Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan Dalam Minggu Berdasarkan Kalender

cara menghitung usia kehamilan dalam minggu

Bagi pasangan suami istri yang baru menikah tidak sedikit dari mereka yang langsung ingin segera dikaruniai seoarang anak, maka sebab itu tidak heran jika mereka langsung memprogram kehamilan dengan berkonsultasi pad dokter kandungan. Kehamilan adalah proses yang sangat ditunggu, dalam proses tersebut tidak hanya seorang istri yang harus menjaga kehamilannya tetapi peran suami pun sangatlah penting dalam menjaga kehamilan sang istri. Suami harus memberikan dukungan moral atau motivasi demi menjaga psikis sang istri agar kandungannya tetap terjaga. Alangkah pentingnya jika melakukan pencagaan tersebut disesuaikan dengan usia kehamilan sang istri.  Anda sebagai sebagai calon ibu tentunya harus mengetahui cara menghitung usia kehamilan dalam minggu untuk menyeseuaikan penjagaannya mulai dari trimester pertama, trimester kedua, dan trimester ketiga.
Setiap tahapan trimester tentu akan sangat berbeda dalam menjaga kehamilan semakin bertambah usia kehamilam maka semakin lebih menjaganya termasuk menjaga asupa makanan. Untuk itu anda harus mengetahui usia kehamilan anda dengan baik, dengan begitu  anda melakukan penjagaan dengan sesuai. Mengetahui usia kehamilan berdasarkan hitungan minggu bisa anda hitung secara manual, namun jika ingin lebih mudah anda pun dapat menghitungnya dengan menggunakan aplikasi yang bisa dipasang di gedget anda.

Mengitung usia kehamilan berdasarkan minggu merupakan hitungan yang banyak dilakukan oleh para dokter, karena hitungan dalam minggu lebih sesuai dengan perkembangan janin. Perhitungan tersebut bisa dilakukan dengan hitungan kalender, cara ini memang sedikit klasik namun lebih sering digunakan. Untuk menghitungnya terlebih dahulu anda harus mengetahui siklus haid karena perhitungan dengan menggunakan kalender akan memakai HPHT atau hari pertama haid terakhir. Dengan mengetahui HPHT maka anda dapat mengetahui usia kandungan anda, misalnya saja jika HPHT anda pada tangga 29 september 2016 maka 29 oktober adalah usia bulan pertama, begitupun selanjutnya. Cara menghitung usia kehamilan dalam minggu bisa anda hitung dengan menggunakan rumus neagle, caranya tanggal HPHT-7, bulan – 3 dan tahun+1, dengan begitu anda akan mengetahui HPL bayi anda.