Saturday, January 7, 2017

Cara Investasi Reksadana yang Menguntungkan

Tags


Cara Investasi Reksadana yang Menguntungkan
Sebuah investasi akan menjaga kehidupan dari finansial yang sehat di masa yang akan datang. Sekarang ini kita tidak harus bingung untuk mencari modal pertama untuk melakukan sebuah investasi karena sekarang sudah ada produk keuangan yang sedang trend yaitu reksadana. Reksadana yaitu kumpulan dana yang dikelola dengan baik untuk membeli obligasi, saham dan juga instrumen keuangan yang lainnya. Keunggulan dari reksadana yaitu memudahkan kita untuk melakukan investasi dengan modal yang kita miliki. Keuntungan ini akan membuat kita menjadi tidak harus pusing dan memikirkan besaran saham atau pun obligasi yang harus kita beli. Jadi kita hanya menentukan reksadana yang kita inginkan kemudian selanjutkan manajer investasi akan mengelola modal yang kita investasikan. Berikut ini adalah langkah-langkah tips investasi reksadana online.

Menentukan tujuan
Ketika kita memulai investasi, maka langkah pertama yang harus kita lakukan adalah melakukan investasi uang yang kita miliki untuk dapat membeli reksadana. Modal ini bisa untuk modal anak bersekolah dimasa yang akan datang, rumah, atau pun pensiunan. Jadi ini sangat berhubungan dengan jangka waktu investasi dan jenis reksadana yang cocok untuk dapat kita pilih. Jadi akan sangat percuma jika kita melakukan invesstasi tetapi tidak mempunyai tujuan yang jelas.

Mengenal jenis-jenis reksadana
Sebelum kita melakukan investasi uang pada reksadana, maka kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang jenis-jenis reksadana yang tersedia. Reksadana yang bisa kita pilih antara lain pendapatan tetap, pasar uang, campuran, saham, index, dan terproteksi. Salah satu contoh yang jadi minat para pemuda adalah membeli reksadana saham dimana reksadana ini bisa menempatkan dana minimal 80% terhadap saham. Jadi investasi ini berpotensi akan mendapatkan untung yang besar dari pada reksadana yang lainnya.

Menentukan jangka waktu investasi
Melakukan investasi reksadana membutuhkan jangka waktu yang berbeda. Ada yang dari setahun, satu sampai tiga tahun, tiga sampai lima tahun atau pun lebih dari lima tahun. Untuk jangka waktu yang kurang dari satu tahun, alangkah baiknya kita memilih reksadana pasar uang. Jika investasi 3-5 tahun, lebih baik menggunakan reksa dana campuran. Namun jika kita ingin investasi lebih dari 5 tahun, sebaiknya memilih reksa dana campuran.

Langkah investasi Reksa Dana
Kita harus bisa menentukan pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Jika kita ingin uang lebih aman dan menghasilkan keuntungan, maka kita bisa memilih reksa dana pasar. Pendapatan dari reksa dana pasar akan tetap dan proteksi. Namun jika ingin memiliki keuntungan yang besar dan sanggup menerima resiko yang besar pula, maka kita bisa memilih reksa dana campuran dan juga saham.

Memastikan ijin reksadana
Reksadana adalah investasi yang berstatus lega karena sudah memiliki izin dari OJK. Jadi perizinan ini akan mempunyai banyak syarat dan bersifat mutlak. Jadi investasi reksadana sudah dapat terpercaya kebenarannya. Investasi yang tidak legal biasanya akan menawarakan keuntungan investasi yang besar. Namun resiko yang akan kita dapatkan juga akan menjadi lebih besar. Jadi berhati-hatilah dan tidak boleh tergiur dengan pihak yang menawarkan yang tidak memiliki izin secara resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Membaca prospektus reksadana
Untuk mengetahui perizinan, kita harus mampu membaca serta memahami isi dari prospektus. Prospektus ini bisa dikatakan sebagai panduan manual untuk bisa melakukan investasi reksadana. Jadi semua informasi yang kita butuhkan tentang reksadana sampai tata cara penjualan dan pembelian reksadana bisa dengan mudah kita dapatkan.

Tips investasi reksadana online diatas adalah sebagai acuan kita dan motivasi agar bisa melakukan investasi selagi muda. Kita akan merasakan hasil investasi tersebut di masa yang akan datang.


EmoticonEmoticon