Saturday, November 5, 2016

Perpustakaan UI

Tags



Pendidikan merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting bagi setiap manusia. Kegiatan pendidikan ini dilakukan sedari manusia berada di dalam kandungan sampai manusia tersebut berada masuk ke liang lahat. Bahkan mengenai pendidikan ini diatur tersendiri dalam kitab suci setiap agama serta UUD 1945. ”Mencerdaskan kehidupan bangsa” dalam pembukaan UU merupakan salah satu tujuan dari pendidikan. Oleh karena pentingnya pendidikan, membuat berbagai pihak merasa penting untuk menyelenggarakan pendidikan baik formal maupun nonformal. Tidak hanya itu berkenaan dengan pendidikan tersebut pun membuat banyak pihak merasa harus untuk mendirikan berbagai lembaga pendidikan baik swasta maupun negeri, mulai dari lembaga pendidikan bawah, menengah, atas, dan tinggi. Salah satunya saja adalah universitas sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang menjadi tujuan siswa lulusan SMA. Salah satu universitas yang paling banyak diminati adalah Universitas Indonesia yang menjadi international university di Indonesia.

Di UI banyak sekali fasilitas yang disiapkan untuk setiap mahasiswanya. Satu di antaranya adalah perpustakaan. UI memiliki perpustakaan dengan luas bangunan 30.000 m2. Perpustakaan berdiri di atas delapan lantai dengan slogan Crystal of Knowledge. Perpustakaan UI dirancang dengan konsep sustainable building. Hal tersebut sejalan dengan kebutuhan energy yang menggunakan sumber terbarukan yaitu energy matahari. Ruang perpustakaan merupakan ruang yang bebas dari asap rokok, hijau serta hemat listrik, dan air. Perpustakaan pusat UI tersebut mampu menampung 10.000 pengunjung dalam waktu bersamaan. Perpustakaan ini terbuka juga untuk umum. Perpustakaan UI juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti tempat makan (Starbucks Coffee, Indomaret, Hotdog Booth), tempat ibadah (Musholla) , hingga fasilitas penunjang mahasiswa (Fotocopy dan percetakan, Kantor Pos Indonesia).

Dengan demikian, sebagai universitas yang paling banyak diminati adalah Universitas Indonesia yang menjadi international university di Indonesia. Di UI banyak sekali fasilitas yang disiapkan untuk setiap mahasiswanya. Satu di antaranya adalah perpustakaan. UI memiliki perpustakaan dengan luas bangunan 30.000 m2. Perpustakaan berdiri di atas delapan lantai dengan slogan Crystal of Knowledge. Perpustakaan UI dirancang dengan konsep sustainable building. Hal tersebut sejalan dengan kebutuhan energy yang menggunakan sumber terbarukan yaitu energy matahari. Ruang perpustakaan merupakan ruang yang bebas dari asap rokok, hijau serta hemat listrik, air, dan kertas.