Friday, November 18, 2016

Manfaat Serat Bagi Tubuh

Makanan diperlukan tubuh sebagai asupan nutrisi bagi tubuh agar makhluk hidup dapat melangsungkan hidupnya, manusia melakukan aktivitas makanan berdasarkan variasi tujuan yang diharapkan , mislanya makan dengan tujuan wisata, makan dengan tujuan pengobatan, atau tujuan lainnya. Dalam aktivitas makan tersebut pencernaan manusia membutuhkan serat yang akan membantu mencerna makanan. 
Serat dibutuhkan pencernaan makanan karena serat mengandungsenyawa kimia tertentu yang membuat pekerjaan lambung menjadi lebih ringan, dengan banyak mengkonsumsi serat dari sumber alami makan akan meningkatkan kualitas pencernaan kita, kualitas pencernaan yang baik akan bermanfaat bagi kita misalnya, menghindari sakit, meningkatkan metabolisme, memperbaiki asupan gizi, dan menjadikan tubuh kita tidak kegemukan dan menjadikan berat badan ideal.
Asupan serat sangat diperlukan oleh tubuh manusia, serat dibutuhkan untuk menjaga agar metabolisme pencernaan menjadi baik sehingga menjadikan tubuh memiliki berat badan ideal. Berikut ini merupakan beberapa manfaan serat bagu tubuh, diantaranya untuk  Menurunkan Resiko Penyakit Jantung, Menjaga Kesehatan Kulit, Mencegah Polip Usus,  Mencegah Wasir, Membantu Mengatur Kadar Gula dalam Darah, Membantu Gerakan usus, Menurunkan Kadar Kolesterol, Menurunkan Resiko Diabetes. 
Serat adalah salah satu jenis zat yang terkandung dalam makanan seperti buah dan sayuran yang berperan untuk membantu pencernaan. Kita membutuhkan serat untuk membuat tubuh tetap sehat. Kandungan serat dalam buah dan sayuran bisa membantu proses metabolisme terutama untuk melancarkan pergerakan makanan dalam usus. Usus membutuhkan makanan yang mengandung serat untuk mengangkut bahan makanan lain dan menghasilkan tinja.
Begitu banyaknya peran serat dalam membantu menjadikan tubuh kita melakukan metabolisme dengan baik, sehingga membantu kesehatan dan pencernaan kita. Untuk mendapatkan berat badan ideal, tentu saja dibutuhkan serat.Selain pada sayur dan buah serat dapat terkandung dalam susu. Susu mengandung serat pangan alami walaupun dalam jumlah kecil, dengan mengkonsumsi susu maka kebutuhan serat pangan akan terpenuhi. 
Kebiasaan mengkonsumsi serat ditambah dengan meminum air putih sesuai anjuran yaitu sekitar 2 liter atau 8 gelas perhari makan akan membantu kesehatan kita, melancarkan sistem pencernaan sehingga kita tidak akan mengalami kelebihan berat badan dan membantu membentuk tubuh kita mamiliki berat badan ideal.


EmoticonEmoticon